23 April 2009

PRESIDEN BARACK H. OBAMA DALAM BUKU CHANGE WE CAN BELIEVE IN

Beberapa waktu yang lalu semua media massa baik media elektronik memusatkan perhatiannya pada pemilihan presiden Amerika Serikat. Pada saat itu media terpusat oleh pencalonan tokoh dari kulit hitam pertama sepanjang sejarah pemerintahan Amerika. Keputusan bahwa Amerika bisa memiliki seorang presiden berkulit hitam kelihatannya sudah dapat diterima oleh sebagian warga negara Amerika bahkan sebagian dari mereka yakin tokoh baru tersebut dapat membawa perubahan baru terhadap masa depan Amerika.

Tokoh tersebut adalah Barack Obama, walaupun Obama termasuk orang baru dalam kancah politik Amerika Serikat, antusiasme masyarakat dan media Amerika serta media luar negeri pun atas Obama terbilang sangat besar. Barack Obama telah mengukir sejarah kehidupan Amerika. Seseorang yang mempunyai  latar belakang yang menarik, ayahnya kulit hitam, ibu kulit putih, satu-satunya tokoh berdarah campuran Afrika-Amerika di Senat AS, dan terpilih menjadi  presiden AS pertama keturunan Afrika dari Partai Demokrat dalam Pemilihan Presiden 4 November 2008, mengalahkan John McCain Capres Partai Republik.

Ia keluar sebagai calon presiden dari Partai Demokrat setelah perjuangan panjang dan sulit melawan mantan ibu negara, Hilary Clinton. Pertarungan ini mencengkeram Amerika mulai bulan Januari sampai Juni 2008. Perjalanan yang sangat panjang bagi Barack Obama, berbagai media baik luar maupun dalam negeri AS tak luput untuk terus mengikuti perkembangan setiap langkah dan gebrakan-gebrakan dari Obama.

Berbagai strategi politik ia bangun untuk mendapatkan dukungan yang besar dari warga AS, mulai melakukan kampanye keliling Amerika, melakukan orasi terbuka, debat di media, bahkan hingga menulis sebuah buku untuk lebih mendekatkan dirinya kepada para pendukungnya. Salah satu bukunya yang berjudul Change We Can Believe In, adalah buku kedua karya Barack Obama. Judul buku yang sesuai dengan tagline/slogan dari misi yang dia bawa ini laris terjual. Tidak hanya di Negara asalnya, tapi hingga ke luar negeri dan juga ke Indonesia.

Di dalam buku tersebut, Barack Obama menuliskan tentang misi dan visinya serta rencana-rencana besarnya dalam mengubah masa depan Amerika dan Dunia, berbagai janji dan langkah strategi yang dipilihnya berusaha untuk mengajak pendukungnya bahwa Amerika bisa berubah dan menghilangkan sebuah pandangan buruk dunia internasional kepada Amerika.

Fenomena diatas, adalah salah satu momen bersejarah bagi sebagian orang, tidak hanya bagi warga AS sendiri, tetapi juga bagi warga dunia. Bahkan kondisi ini memunculkan sebuah paham tentang Obamania atau demam Obama bagi warga dunia termasuk Indonesia. Melalui buku yang ditulis oleh Barack Obama yang berjudul Change We Can Believe In, penulis melihat bgaimana Obama membangun gambaran dan citra tentang dirinya kepada masyarakat Amerika dan masyarakat Dunia pada Umumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar